Selasa, 26 Juni 2012

KEGAGALAN vs KESUKSESAN 
“EXPERIENCE IS THE BEST TEACHER”

      ”Jika kamu ditanya rumus apakah yang bisa menjamin kesuksesan seseorang? Jawablah dengan mudah : tambahlah dengan kegagalannya”. Mungkin kalian mengira kegagalan merupakan musuh kesuksesan, padahal sebaliknya. Disetiap kegagalan pasti akan ada kesuksesan. Kamuboleh memilih menjadi binasa karena kegagalan atau memilih belajar dari kegagalan. Majulah dan jangan pernah takut gagal, karena kau akan menemukan kesuksesan itu di tempat yang tidak jauh dari kegagalan. 

        “experience is the best teacher” tentunya bukan suatu yang asing ditelinga kita, karena kata-kata ini yang terkadang membangkitkan semangat kita untuk bangkit dari keterpurukan. Tentunya memang benar, pengalaman adalah guru terbaik bagi kita. Karena dari pengalaman tersebut, kita tidak akan mengulangi kesalahan untuk yang kedua kalinya ditempat yang sama dan bahkan kita lebih bisa mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi sehingga kita akan lebih siap menerima kekalahan.
          Experience disini mungkin lebih identik dengan kegagalan. Karena seseorang yang sedang dalam kegagalan selalu membutuhkan sesuatu untuk dijadikan motivasi sehingga mampu bangkit dari kegagalan itu. Sedangkan kesuksesan adalah sesuatu yang menyenangkan, sehingga kesuksesan itu lebih banyak berdampak positif. Padahal antara kesuksesan dan kegagalan adalah satu kesatuan. Dimana kamu dapat merealisasikan kesuksesan dari kegagalan. Dan kesuksesan yang di dapatkan akan terasa begitu indah.
        Setiap kegagalan pastilah muncul alternatif yang bisa dilakukan agar kegagalan bukan menjadi racun bagi diri kita. Namun, kegagalan akan menjadi pupuk sehingga kita akan lebih bijak dalam menyikapi setiap kegagalan. Yang lebih penting lagi, menurut Malcolm Forbes kegagalan adalah kata lain dari kesuksesan, jika kita mau mempelajarinya. Jadikanlah kegagalan sebagai guru bukan belenggu yang menghancurkan hidup kita, karena sesungguhnya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, bukanlah sebuah kekalahan yang mengakhiri segalanya.
        Kesuksesan adalah suatu hasil dari sebuah ketekunan dan rencana yang matang. Kesuksesan seseorang diciptakan dari 20% skill dan 80% strategi. Misalnya, kalian perlu tahu bagaimana membaca, tetapi yang penting lagi adalah materi apa yang akan kita baca (kemampuan membaca medan pertempuran). Dan yang lebih penting lagi, kita harus lebih hati-hati menghadapi kesuksesaan, karena bukan hanya kegagalan yang mampu menghancurkan kita, kesuksesan juga mampu menghancurkan kita, apabila kita menjadi orang yang kufur ni’mat. Karena sesungguhnya kesuksesan dan kegagalan adalah ujian. Sebagai bukti Allah Dzat yang Ar-Rohman dan Ar-Rohim.
           Banyak orang yang belum mampu memahami arti dari kegagalan dan kesuksesan, mereka bisa stres. Bahkan mereka terkadang mendzolimi ddiri sendiri. Dalam Islam telah dijelaskan bahwa “La Yaiasu”. Orang yang putus asa dalam kegagalan sama saja dengan orang yang putus dari Rahmat Allah. Karena Allah telah berfirman “La.... Tahzan Innalloha Ma’ana”. Karya hidup yang indah tidak lahir dari sesorang yang sedang merasa sedih.
         Kamu semua bisa menjadi orang yang bijak dengan menjalani tiga metodologi. Pertama, refleksi (menemukan pemahaman baru dari sesuatu) yang merupakan metode paling mulia. Kedua, imitasi (ikut-ikutan) merupakan cara yang paling mudah namun hasil yang diperoleh tidak akan memberikankita kebahagiaan sepenuhnya. Ketiga, pengalaman yang merupakan cara yang paling pahit. Namun hanya cara ini yang akan membuat kita lebih menghargai kerja keras dan memberi kepuasan tersendiri.
          Keberanian merealisasikan kegagalan yang beresiko pada kegagalan, tetapi resiko itu harus di pertanggung jawabkan. Sebab tanpa keberanian merebut resiko, orang tidak akan melakukan, tidak akan memiliki, dan tidak akan menjadi. Ia hanya akan selamat dengan menghindari penderitaan dan kesempitan, tetapi sama sekali tidak bisa mempelajari, merasakan, mengubah, melangkah maju, memiliki kehidupan yang diinginkan dan mencintai.(Af_Kr)

2 komentar:

By; Dunia Nasehat Islam

Assalamu'alikum Wr. Wb
Terimakasih Anda telah berbagi kepada kami, komentara anda sangat berharga bagi kami, semoga dapat kami membangaun dan menambah ilmu dan wawasan kami dan dapat kami aplikasikan dengan sebaik mungkin.
Wssalamu'alikum Wr. Wb